Training Limbah B3 – Pengolahan dan Penanganan Limbah Bahan Berbahaya Beracun

Training Limbah B3 Mahasiswa – Seperti yang kita ketahui pentingnya pengetahuan terkait dengan pengolahan dan penanganan limbah bahan berbahaya dan beracun akhir-akhir ini yang dilatarbelakangi oleh kondisi lingkungan di Indonesia yang semakin memburuh, dimana hal ini salah satunya adalah dampak dari perkembangan industri yang semakin pesat. Dimana akhirnya untuk menyeimbangkan kondisi tersebut pemerintah melalui Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) mengeluarkan undang-undang terkait dengan pengolahan dan penanganan limbah B3. Tentunya diharapkan dengan adanya aturan tersebut untuk mengelola bahan buangan industri (limbah) atau yang dikenal dengan bahan buangan berbahaya, semua pihak yang terlibat dalam pengolahannya wajib mengetahui bagaimana proses pengolahan limbah B3 yang benar, dan mampu mengidentifikasi aspek-aspek bahaya yang timbul dari limbah B3 tersebut dengan istilah Hazardouz Waste. Oleh karena itu bahan sisa/produk samping (limbah) hasil dari kegiatan proses produksi yang mengandung bahan berbahaya dan beracun (B3) yang mempunyai sifat toxicity, flammability, reactivity, dan corrosivity serta konsentrasi atau jumlahnya yang baik secara langsung maupun tidak langsung dapat merusak, merusak dan mencemarkan lingkungan, atau membahayakan mahluk hidup disekitarnya memerlukan pengolahan dan penanganan yang tepat, guna mencegah terjadinya kerusakan dalam ekosistem alam.

Kebutuhan akan pengetahuan inilah yang kini menuntut semua pihak, salah satunya para mahasiswa yang akan berkecimpung di bidang lingkungan. Karena mahasiswa sebagai calon tenaga kerja di bidang industri sangat memerlukan  kompetensi ini sebagai bekal pengetahuan dan sekaligus skill dalam menangani limbah B3 di perindustrian. Menjawab atas penjelasan semua diatas sebagai salah satu solusi, terkait dengan pentingnya pengembangan sumber daya manusia agar para calon tenaga praktisi maupun bakal calon ahli lingkungan di perindustrian menjadi pekerja yang siap dan berkompeten maka QHSE Learning Centre Institute bermaksud menyelenggarakan Training Limbah B3 untuk level mahasiswa, dimana dengan demikian mampu membantu menjawab kebutuhan pengembangan sumber daya manusia yang terkait dengan pengelolahan lingkungan.

MAKSUD & TUJUAN

Training Limbah B3 yang diselenggarakan ini adalah bentuk kepedulian management QHSE Learning Centre Institute dalam hal ini adalah membantu para calon bakal tenaga kerja yang berasal dari lulusan perguruan tinggi di seluruh indonesia untuk mengenal konsep dan praktis dalam mengelola dan menangani limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) di sektor perindustrian khususnya dalam pengendalian dan pengelolahan lingkungan. Dimana dengan adanya pembekalan hal ini diharapkan mampu membantu mencetak sumber daya manusia yang siap dan unggul dalam prestasi dan kemampuan.

METODE PELAKSANAAN

Pelaksanaan Training Limbah B3 ini disampaikan dalam bentuk ceramah interaktif yang membahas secara teoritis sistem dan teknologi pengolahan limbah B3 serta contoh aplikasi dan teknologi yang digunakan. Dan pembahasan study kasus, serta beberapa contoh kasus-kasus lingkungan yang terjadi karena dampak dari limbah bahan berbahaya dan beracun.

SIAPA MAHASISWA YANG HARUS IKUT..??

Dalam  Training Limbah B3  peserta yang dianjurkan adalah mereka yang berasal dari latar belakang fakultas teknologi pangan dan kesehatan masyarakat (SKM: peminatan Kesehatan Lingkungan / kesling) secara khusus, dan juga secara umum diperuntukan kepada seluruh mahasiswa dari berbagai fakultas yang ingin mengabdikan kemampuan dan dirinya untuk berkarir di industri dan tertarik menjadi spesialis sekaligus ahli dibidang pengelolahan lingkungan hidup.

BAHAN AJAR

  1. Pengantar hukum pengelolahan lingkungan hidup
  2. Persyaratan Pengolahan limbah bahan berbahaya dan beracun berdasarkan peraturan yang berlaku
  3. Karakter, Jenis dan Sifat Limbah B3
  4. Properties dan MSDS Limbah B3
  5. Efek dan bahaya limbah B3 bagi manusia dan lingkungan
  6. Sistem teknologi pengolahan dan pengemasan limbah B3
  7. Sabah simbol B3
  8. Proses pengangkutan limbah B3 dan Teknologi yang digunakan
  9. Managemenrt B3 RISIKO
  10. Penimbunan dan pembuangan akhir limbah B3

INSTRUKTUR

Ahmad Habibi, ST. & Team

Sebelum memulai karirnya sebagai senior Trainer dan Konsultan Spesialis pengolahan limbah, praktisi dengan latar belakang pendidikan Teknik Lingkungan Universitas Diponegoro ini sudah memulai karirnya sebagai site engineer hingga senior process engineer di tahun 2002 pada beberapa perusahaan engineering contraktor dan jasa pengolahan limbah serta bidang pendukungnya lainnya yang sebidang, seperti: PT. Abadi Purwa Cipta, PT. Ecostar Engineering, PT. Unitech Filter, PT. Indo Aneka Tirta, PT. Lingkungan Mitra Perkasa, PT. Diyan Sinar Cemerlang. Spesialisasi yang beliau kuasai yaitu: Process Engineering WWTP Design, WWTP Installation, Technical Services and Support,  Test & Start Up Equipment Process, Optimization, Waste Management, Handling hazardous waste and toxic materials. Sebagai praktisi, konsultan dan trainer diantara perusahaan yang pernah beliau tangani diantaranya adalah Instalasi IPAL PT. Mayora Indah-Cibitung, Optimalisasi STP PT. PPG Coating Indonesia, Optimalisasi STP PT. Akzonobel-Pulogadung, Detail Engineering Design & Pekerjaan Instalasi IPAL PT. Hydrocolloid Indonesia-Bogor,  Optimalisasi Operasional Beltpress IPAL PT. Asia Citra Pratama-Karawang, Detail Engineering Design WWTP Package Mobile PT. TLI, Optimalisasi IPAL PT. Pelangi Elasindo Textile-Jakarta Barat, Optimalisasi IPAL PT. Sandang Makmur Anugerah Textile-Karawang, Detail Engineering Design IPAL PT. Batik Keris-Sukoharjo Solo,  Detail Engineering Design Instalasi Equipment/Piping dan Start Up IPAL PT. Asia Citra Pratama, Detail Engineering Design, Instalasi Equipment/Piping dan Start Up IPAL PT. Multimas Nabati Asahan-Pulogadung,  Supervisi  Operasional  Proses  (DAF-Anaerobic-Aerobic  Sistem)  IPAL  PT.  Mayora  Indah  Cibitung,  Tes Equipment Start Up Proses dan Operasional Leachate Treatment Plant (LTP) PT. Freeport Indonesia Mimika-Papua, Optimalisasi  IPAL  PT.  Behaestex  Pandaan,  Jawa  Timur, Administrasi  Proyek  :  Pekerjaan  Konstruksi  Sipil  Bak  Clarifier  II IPAL  PT.  Sritex, Perencanaan IPAL Bonang Demak Jawa Tengah, Perencanaan  Pipa Distribusi IPA Bonang- Wedung, Demak Jawa Tengah, Perencanaan Saluran Pipa Air bersih Jono-Ploso, PDAM Purwodadi dan masih banyak lagi lainnya.

DURASI

1 Hari (Dimulai Pukul: 09.00-16.00 efektif 7 Jam)

INVESTASI

  • Mahasiswa S1 Rp. 500.000,00
  • Mahasiswa S2 Rp. 750.000,00
  • Fresh Graduate Rp. 1.000.000,00.

FASILITAS

Lunch, Sertifikat, Modul, Lunch, Coffee Break, Training Kit diselenggarakan di hotel ataupun meeting room yang nyaman

INFO & PROMO KHUSUS BULAN INI

Phone: 021-29432095 Kontak Person: 082114313319 (Amin), 081289598193 (Dito), 0857 1741 0502 (Rey)

JADWAL TRAINING LIMBAH B3 MAHASISWA TAHUN 2019 :

  • 09 Maret 2019 Bogor
  • 13 April 2019 Surabaya
  • 11 Mei 2019 Bandung
  • 08 Juni 2019 Semarang
  • 13 Juli 2019 Jakarta
  • 10 Agustus 2019 Yogyakarta
  • 14 September 2019 Bogor
  • 12Oktober 2019 Surabaya
  • 14 Desember 2019 Bandung

Anda telah membaca halaman ini dan berminat mengikuti program public training ini, Klik Daftar Training  sekarang dan lakukan pendaftaran sesuai prosedur yang berlaku…

Post Comment