PENGANTAR PELATIHAN MAHASISWA SMK3 OHSAS 18001 

Training SMK3 OHSAS 18001 Mahasiswa – Seperti yang kita ketahui kasus kecelakaan kerja tidak dapat di cegah dan di hilangkan total dalam setia aktifitas pekerjaan, terutama yang menyangkut Human Erorr. Hal ini menuntut para pelaku bisnis untuk menerapkan sistem K3 demi meminimalisir kecelakaan dalam setiap pekerjaan. Baru-baru ini pada tanggal 12 April 2012 di Jakarta, telah keluar Peraturan Pemerintah (PP) No. 50 Tahun 2012 mengenai penerapan Sistem Manajemen K3 (SMK3). PP tersebut merupakan peraturan pelaksanaan dari pasal 87 UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Dalam PP Nomor 50 Tahun 2012 tersebut, semua pemberi kerja wajib melaksanakan SMK3, terutama perusahaan yang mempekerjakan minimal 100 tenaga kerja atau perusahaan yang memiliki tingkat potensi kecelakaan yang tinggi akibat karakteristik proses kerja.

Sosialisasi pentingnya K3 tersebut kini sudah mulai dilakukan dari jenjang bangku kuliah. Hal ini mengingat lulusan sarjana dari berbagai jurusan diharapkan pada saat aktif sebagai pekerja di industri sudah memahami secara benar konsep dan penerapan dari sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja. Tidak dapat dipungkiri, saat ini tidak sedikit banyak ditemukan iklan lowongan pekerjaan yang ada mewajibkan pelamar kerja yang ingin ikut dalam proses rekruitment disyaratkan telah mengerti dan paham K3 yang ditandai dengan memiliki sertifikat pemahaman K3. Mengisi kebutuhan tersebut, maka QHSE Learning Centre Institute bermaksud menyelenggarakan program Training SMK3 OHSAS 18001 Mahasiswa untuk pembekalan lebih dini pengetahuan dan kemampuan kepada mahasiswa terkait dengan konsep dan aplikasi K3 yang nantinya akan ditemukan di dunia kerja. Sehingga dengan adanya program ini para peserta yang ikut telah siap untuk berkarir didunia industri mengerti pentingnya K3 dalam bekerja.

MAKSUD DAN TUJUAN

Salah satu bentuk kepedulian management QHSE Learning Centre Institute dalam hal ini adalah membantu para calon bakal tenaga kerja yang berasal dari lulusan perguruan tinggi di seluruh indonesia untuk mengenal konsep dan implementasi kesehatan dan keselamatan kerja (K3) di seluruh sektor perindustrian nasional dan internasional. Yang merujuk kepada standar persyaratan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja OHSAS 18001 dan PP 50 Tahun 2012. Dimana dengan adanya pembekalan hal ini diharapkan mampu membantu mencetak sumber daya manusia yang siap dan unggul dalam prestasi dan kemampuan dibidang perindustrian.

SIAPA MAHASISWA YANG HARUS IKUT..??

Seluruh calon sarjana D3,S1,S2 khususnya Jurusan K3 Fakultas Kesehatan Masyarakat dan semua mahasiswa diberbagai macam program studi yang ingin mengembangkan pengetahuan dan kemampuannya di bidang sistem,  dan aplikasi K3 di sektor perindustrian, dan juga sebagai bekal untuk berkarir dalam dunia kerja dan modal dalam bersaing di dunia kerja.

METODE PELAKSANAAN

Pelaksanaan Training SMK3 OHSAS 18001 Mahasiswa  ini disampaikan dalam bentuk ceramah interaktif yang membahas secara teoritis dan contoh aplikasi implementasi K3 di seluruh sektor perindustrian, yang merupakan salah satu persyaratan wajib yang dikeluarkan oleh pemerintah dan juga seluruh stakeholder perusahaan, nantinya juga akan membahas seputar study kasus dan juga hambatan-hambatan teknis dalam implementasi dan isu-isu K3 dilapangan.

INSTRUKTUR

Mohamad Nadendra Sutanto, ST, MK3 & Team

Memulai kariernya sebagai STS Staff (Star to success), KMK Global Sport – Tanggerang.  Dan menjadi Officer Safety, Asst. Manager HSE hingga Manager HSE dibeberapa perusahaan seperti: PT. Bakrie Swasakti Utama, PT. Nipress, Tbk, PT. Roda Nusantara, PT. Primas Eka Sejahtera ( PT. PES ), Jakarta. Beberapa kali pernah menangani Project baik sebagai Engineer maupun HSE support untuk beberapa perusahaan:  PT. Pertamina (Persero) – Gas Transmission of East Java (Porong, Sidoardjo), PT. Pertamina UPMS III (Persero) established as the holding company of Elnusa, Koperna ( Koperasi Pertamina), work place Area I IJG ( Instalasi Jakarta Group ) Depot ITP – Plp ( Installation of Tanjung Priok – Plumpang ) we receive gasoline from piping system who connect with TTM ( Terminal Transit Balongan ) Production of oil and gas on Balongan, West Java, and from PMB (Pelabuhan Minyak Baru = New Oil Port) there are a 4 (four) port, which 3 (three) of it belong PT. Pertamina UPMS III (Persero), and we store gasoline on tank yard before distribute. Latar belakang pendidikan beliau adalah Mechanical Engineering – Energy Conversion – Piping engineer, Trisakti University – Jakarta, Indonesia, Master Degree (S2), Majoring in K3 (Health & Safety). University of Indonesia – Depok, Indonesia.

DURASI

1 Hari (Dimulai Pukul: 09.00-16.00 efektif 7 Jam)

INVESTASI

  • Mahasiswa S1 Rp. 500.000,00
  • Mahasiswa S2 Rp. 750.000,00
  • Fresh Graduate Rp. 1.000.000,00.

FASILITAS

Lunch, Sertifikat, Modul, Coffee Break, Training Kit diselenggarakan di hotel ataupun meeting room yang nyaman

INFO & PROMO

Hub: 021-32805064

CONTACT PERSON

0813 1122 7684, 0856 1510 195

JADWAL TRAINING SMK3 OHSAS 18001 MAHASISWA TAHUN 2018 :

  • 09 Desember 2018 Yogyakarta

JADWAL TRAINING SMK3 OHSAS 18001 MAHASISWA TAHUN 2019 :

  • 12 Januari 2019 Jakarta
  • 09 Februari 2019 Yogyakarta
  • 09 Maret 2019 Bogor
  • 13 April 2019 Surabaya
  • 11 Mei 2019 Bandung
  • 08 Juni 2019 Semarang
  • 13 Juli 2019 Jakarta
  • 10 Agustus 2019 Yogyakarta
  • 14 September 2019 Bogor
  • 12Oktober 2019 Surabaya
  • 14 Desember 2019 Bandung

Anda telah membaca halaman ini dan berminat mengikuti program public training ini, Klik Daftar Training  sekarang dan lakukan pendaftaran sesuai prosedur yang berlaku…

REFERENSI

  1. Institut Teknologi Indonesia (ITI)
  2. Universitas Muhammadiyah Jakarta
  3. T. Lingkungan Universitas Sahid Jakarta
  4. FKM Universitas Esa Unggul
  5. Teknik Sipil dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor (IPB)

TESTIMONIAL

  • “Materi yang diberikan sangat bermanfaat & menarik, lebih membuka wawasan saya tentang SMK 3, Pemateri sangat interaktif dan metode yang digunakan tidak monoton sehingga tidak membosankan” Lailatu Syaidah Universitas Esa Unggul
  • “Materi yang disampaikan sangat menarik untuk kami mahasiswa yang sebentar lagi akan melakukan praktek lapangan. penyampaian materi juga sangat baik dan trainer menyampaikan materi dengan tutur kata yang sopan” Sekar Ayu Darmastuti, Mahasiswa Teknik Sipil dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor (IPB).
  • “Secara keseluruhan materi yang diberikan sangat baik, menambah wawasan kepada para peserta tentang pentingnya sistem K3 pada suatu perusahaan/proyek. untuk trainer sangat mengusai materi karena memang sudah ahli dan berpengalaman di bidang ini. terima kasih BMD Street Consulting yang telah memberikan pelatihan SMK3 OHSAS 18001.”. Ario Wisnu Wicaksono Mahasiswa Teknik Sipil dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor (IPB).
  • “Saya menjadi lebih tau mengenai sistem manajemen K3 dan juga hal-hal yang berkaitan. materi disampaikan dengan sangat baik oleh Trainer sehingga saya cepat memahami maksud dari materi yang disampaikan”. Tommy Suherman  Mahasiswa Teknik Sipil dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor (IPB).
  • “Setelah mengikuti training ini, wawasan saya akan pengelolaan kesehatan & keselamatan kerja menjadi semakin bertambah, sehingga sudah ada sedikit gambaran bagaimana menerapkan sistem K3 di dunia kerja nanti”. Angga Warsito Mahasiswa Teknik Sipil dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor (IPB).
  • “Penyajian dan judul yang menarik dapat memikat minat saya untuk mengikuti training ini. dan setelah saya mengikuti training ini saya dapat mengetahui peranan penting teknik lingkungan” Bahri Kusworo Mahasiswa Teknik Sipil dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor (IPB).
  • “Setelah saya mengikuti Training SMK3 OHSAS ini sangat berkesan dan menyenangkan, serta santai dalam pembawaan materinya. sehingga saya jadi lebih mudah untuk memahami materi yang disampaikan” Deni Dwi Yudhistika Mahasiswa Teknik Sipil dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor (IPB).
  • “Training ini sangat bagus, memberikan saya gambaran tentang bagaimana dunia kerja nanti yang sangat mengutamakan kesehatan dan keselamatan dalam bekerja” Fajar Ramadani H Mahasiswa Teknik Sipil dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor (IPB).
  • “Kegiatan training seperti ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa. karena mahasiswa mendapatkan informasi mengenai K3. Apalagi hal ini sangat diperlukan setelah mereka lulus dan masuk dalam dunia kerja” Fandri Cahya Okyawan  Mahasiswa Teknik Sipil dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor (IPB).
  • “Traning yang diadakan telah memberikan informasi dan pengetahuan yang sangat luas mengenai permasalahan keselamatan kerja yang harus diperhatikan ketika berada di lingkungan tempat bekerja” Lu’lu Aripah Badariyyah Mahasiswa Teknik Sipil dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor (IPB).
  • “Acara yang disajikan bagus dan menarik. memberikan saya banyak ilmu tentang pentingnya dalam mengelola K3 untuk menjadikan keamanan kita dalam bekerja. demi mendapatkan kualitas kerja yang maksimal” Wedo Aru Yudhantoro Mahasiswa Teknik Sipil dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor (IPB).
  • “Saya mendapatkan banyak sekali informasi mengenai SMK3 OHSAS ini. mulai dari perencanaan, hingga aksi-aksinya, termasuk juga prosedur-prosedur yang sering digunakan” Razeb Kamarullah Mahasiswa Teknik Sipil dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor (IPB).
  • “Setelah mengikuti training ini saya mendapatkan informasi-informasi yang penting mengenai keselamatan kerja dan manajemen kesehatan sehingga nantinya saya bisa mengaplikasikan dikehidupan saya sehari-hari. training yang sudah diikuti sangat baik, dan trainernya memberikan games pada saat training berlangsung sehingga para peserta tidak cepat bosan” Rufadya Ghazia Mahasiswa Teknik Sipil dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor (IPB).
  • “Materi yang diberikan sangat bermanfaat sebagai pengantar dan pengetahuan dasar sebelum memasuki praktek lapangan dan dunia kerja. trainer sudah sangat baik dalam menyampaikan materi pelatihan” Pasca Eka Prasetya Mahasiswa Teknik Sipil dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Pelatihan SMK3 OHSAS di ITI

 

SMK 3 OHSAS Mahasiswa-BMD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *